Label

Senin, 06 Maret 2017

Jalur Masuk Selain SNMPTN dan SBMPTN



Kali ini saya mau membagikan informasi mengenai jalur masuk perguruan tinggi selain SBMPTN dan SNMPTN. Tidak di pungkiri bahwa sebagian siswa hanya mengetahui jaur masuk perguruan tinggi hanya melalui SNMPTN maupun SBMPTN. Namun jika di cara di internet masuk ke jalur perkuliahan sangat banyak asalkan mau mencari infonya. Di UGM misalnya jaur mandirinya saja ada banyak sekali jenisnya mulai dari PBUTM S1, PBUSV untuk Deploma, PBUB, PBUP, dan Untul bisa di cek di www.ugm.ac.id ada banyak jalur masuknya. Namun kalini saya akan membahas mengenai jalur masuk yang lain.
1.       PMDK-PN
Adalah jalur masuk ke politeknik negeri dengan menggunakan nilai rapot ataupun prestasi yang ada, PMDK-PN ini seperti SNMPTN hanya saja PMDK-PN jalur untuk masuk Politeknik Negeri. Bagi yang mau mendaftar dengan bidikmisi jalur ini bisa digunakan. Namun di Politeknik Negeri hanya ada jurusan untuk Deploma baik itu D1, D2, D3, dan D4.
2.       UM-PN atau Ujian Masuk Politenik Negeri
Adalah jalur masuk dengan menggunakan test seperti SBMPTN, tempat pelaksanaannya biasanya tersebar di seluruh Indonesia terbantung kata mau test dimana.
3.       SPAN-PTKIN
Adalah jaur masuk yang menggunakan nilai rapot seperti halnya SNMPTN danPMDK-PN. SPAN-PTKIN adalah salah satu jalur masuk yang digunakan oleh Perguruan Tinggi Negeri Islam yang meliputi UIN,IAIN,STAIN.
4.       UM-PTKIN
Jalur masuk denganmengunakan test untuk menyaring mahasiswanya, namun saya tidak tau seperti apa gambaran soal nya karena saya belum pernah mencobanya. Katanya sih kalau lewat jalur ini gampang masuknya.
                Sebenarnya masih banyak lagi jalur masuk kalau kalia mau cari info di BK atau cari tau sendiri di internet. Lebih baik mencoba mendaftar sebaggai cadangan jika kita tidak di terima di PTN lewat jakur SNMPTN, SBMPTN, maupun UM PTN.
                Selain itu bisa coba daftar Ikatan Dinas siapa tau kalian bisa berutung di situ walaupun katanya kalau ikut ikatan dinas test masuk nya lebih sulit dan juga saingannya yang sangat banyak.
                Semoga bermanfaat wassalamu’alaikum warrohmatullohi wabarokaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar