Label

Minggu, 05 Maret 2017

Jalur Masuk PTN



Salam smangat para pejuang PTN ak terasa sebentar lagi proses seleksi masuk perguruan tinggi sebentar lagi mau di mulai baik melalui jalur undangan maupun jalur test. Persiapkan dirimu untuk memilih apa jurusan atau prodi yang baik untuk kamu pilih sesuai dengan minat dan bakat kalian. Karena dari sinilah langkah kalian untuk menentukan masa depan kalian apakah masih mau meneruskan impiannya ketika masih kecil. Ketika ditanya kamu kalau sudah besar mau jadi apa? Jawaban anak kecil yang masih polos dengan mudahnya bilang jadi dokter jadi polisi jadi tentara jadi pliot itu jawaban yang biasanya diberikan oleh anak kecil tanpa rasa ragu bisa menjawabnya. Sekarang bagi kalian yang sudah kelas 12 SMA baik IPA maupun IPS pasti lagi galau dan bingung mau memilih jurusan kuliah.
Setelah bingung milih jurusan biasanya juga bingung milih universitas ada yang mau universitas yang jauh, katanya sih mau mandiri padahal supaya jauh dari orang tua dan bisa main dengan bebas, tapi nanti pasti ngerasain sendiri rasanya jauh dari keluarga itu kaya gimana mau berbagi cerita dan masalah. Ada juga yang inginnya kuliah di universitas yang dekat aja biar bisa dekat sama keluarga dan jika uang habis bisa langsung minta pastinya mungkin ngak enaknya kuliah dekat ngak ada suasana baru hanya itu-itu saja.
Udah deh basa basinya sudah pada tau apa belum apa saja sih jalur masuk PTN?
1.       SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
Mungkin ini adalah jalur masuk yang paling familiar bagi siswa SMA karena jalur ini yang ndaftarin dari sekolah terus jalur masuknya yang tanpa test dan gratis. Namun jalur ini kurang menguntunkan untuk sekolah sekolah yang kuran favorit karena biasanya yang banyak diterima SMA favorit. Tetapi tidak usah kawatir anggap saja jalur masuk ini adalah bonus kalau ketima ya alhamdulillah kalu tidak masih ada banyak jalur masuk lain.
2.       SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
Ini juga jalur masuk yang familiar bagi para pejuang PTN, menurutku ini adalah jalur yang paling fair karena yang menentukan lolos atau tidaknya atas usaha kita sendiri dan perjuangan ketika mengerjakan soalnya. Yang mennentukan lolos atau tidaknya murni berasal dari nilai kita ataukah bisa lebih besar dari pesaing kita atau tidak. SBMPTN tidak membedakan sekolah yang favorit dengan sekolah yang biasa.
3.       Ujian Mandiri
Ujian mandiri adalah jalur masuk yang di lakukan sendiri oleh PTN. Seleksinya pun bermacam macam ada yang menggunakan test seperti SBMPTN ada juga yang menggunakan nilai SBMPTN namun yang menggunakan nilai SBMPTN hanya bberapa setau saya UNS dan ITS. Basanya jalur mandiri bendapat UKT tertinggi dan ada SPI, tetapi tidak semua ada juga yang menurut pendapatan orang tua, harus pintar pintar memilih PTNnya.
4.       Jalur Prestasi
Biasanya ada PTN yang membuka penerimaan melalui jalur prestasi yang kita raih di SMA kebanyakan pembukaan jalur ini sbelum pendaftaran SNMPTN. Seleksinya menggunakan piagam atau sertifikat kejuaraan yang kita raih mulai dari kabupaten/kota sampai tingkat internasional.
 Itulah jalur- jalur masuk PTN semoga bermanfaat pejuang PTN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar