Label

Jumat, 28 Oktober 2016

Seputar SBMPTN

Seputar SBMPTN

       Bagi kalian yang masih duduk di kelas 12 SMA pasti sedang bingung mau lanjut kemana dan bingung mau milih jurusan apa. Disini saya akan kupas apasaja yaang ada daalam SBMPTN.

        SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) adalah jalur masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur tes yang dibagi menjadi 3 jenis yaitu:
  1. Kelompok Ujian SAINTEK untuk peserta yang memilih jurusan atau prodi dari rumpun IPA. Dalam kelompok ujian saintek materi yang di ujikan yaitu: Tes Potensi Akademik, matematika dasar, bahasa inggris, dan bahasa indonesia tes ini berada dalam satu sesi dengan jumlah  90 soal. Perinciannya TPA 45, Matematika Dasar 15, Bahasa Inggris 15 dqn Bahasa Indonesia 15 soal. Kemudian pada sesi lain SAINTEK terdiri atas Matematika IPA 15 soal, Fisika 15 soal, Kimia 15 soal dan Biologi 15 soal. Pada sesi  ini menurutsaya Fisika dan Matematika soal paling sulit.
  2. Kelompok Ujian SOSHUM untuk peserta yang memilih jurusan atau prodi yang dari rumpun IPS. Dalam kolompok soshum materi yang si ujikan pada sesi pertama sama yaitu Tespotensi Akademik 45 soal, Matematika Dasar 15, Bahasa Inggris 15 dqn Bahasa Indonesia 15 soal. Pada sesi SOSHUM materinya adalah Sejarah 15 soal, Sosiologi 15 soal, Geografi 15 soal, dan Ekonomi 15 soal.
  3. Kelompok Ujian Campuran (IPC) untuk ujian ini peserta SBMPTN akan memilih jurusan atau prodi dari rumpun IPA dan IPS. Pada kelompok ujian ini peserta akan mengerjakan soal dari SAINTEK dan SOSHUM.
       Dalam SBMPTN peserta yang berasal dari IPA dapat lintas jurusan ke jurusan IPS begitu pula sebaliknya. Namun biasanya yang mau lintas jurusan memilihnya kelompok IPC.

       Mekanisme penilaian dalam SBMPTN yaitu :
  1. Soal yang benar akan mendapatkan nilai +4
  2. Soal yang salah akan mendapatkan nilai  -1
  3. Soal yang tidak dijawab akan mendapat 0
       Oleh karena hal tersebut usahakan dalam mengerjakan soal pastikan jawaban itu adalah jawaban yang benar agar tidak mendapat minus.


     Yang perlu di perhatikan juga dalam test SBMPTN ini adalah kita harus mempertimbangkan jurusan kuliah karena jika salah memilih nanti bisa menyesal karena tidak sesuai dengan yang kita harapkan untuk tips memilih jurusan dapat anda klik disini 
Bagi yang mau tips lolos SBMPTN anda bisa lihat Tips lolos SBMPTN

1 komentar: