Label

Minggu, 24 Juli 2016

Mempersiapkan Masa Depan

5 Hal yang mesti Anda Pahami Setelah Usia 20 tahun:

  1. Segeralah menemukan passion hidup. Jangan berkutat dengan hal yang tak penting. karena sebentar lagi Anda harus memutuskan mau berkarir sebagai apa? PNS? Karyawan? Pengusaha? Atau istri dan ibu rumah tangga? Semua mesti dipersiapkan dan ada konsekuensinya. 
  2. Jangan ikuti kebanyakan orang, tapi ikuti hati nurani. Saat kuliah atau SMA, mungkin kita seneng ikut-ikutan sama temen, sama-sama pilih jurusan kebanyakan sahabat, bertekad untuk selalu bersama, dan lain sebagainya. Padahal di satu titik kau kelak akan paham bahwa sejatinya kita sendiri yang bertanggung jawab akan pilihan hidup yang dipilih.
  3. Jangan habiskan waktu dengan sesuatu yang tak penting. Bergalau ria, baper, ngerisaukan si doi yang belum tentu jadi jodoh udah bukan saatnya lagi. Mulailah fokus untuk berprestasi menggapai cita-cita dan membahagiakan kedua orang tua. Waktu terus berjalan sedangkan masa lalu tak pernah bisa diulang. 
  4. Perbaiki diri dan lebih dekat dengan ilahi..Banyak anak muda yang masih berani meninggalkan sholat, melakukan maksiat. Padahal tak ada yang menjamin apakah besok masih bisa bangun di pagi hari atau.bahkan menutup mata untuk selamanya. Maka jangan menunda untuk bertaubat dan beramal soleh.
  5. Buatlah Perencanaan Hidup. Kapan target menikah? Kapan target mengumrohkan orang tua? Kapan jadi.pengusaha dengan omset 100 juta? Kapan di pekerjaan naik jabatan? Kapan mau keliling dunia? Tulislah dan tempel di dinding kamar. Lalu fokuslah untuk menggapai satu persatu cita-cita dan rencana tersebut. Selamat beraktivitas, moga usiamu.berkah, hidupmu indah Sahabatku

Minggu, 03 Juli 2016

Cara agar bugar saat puasa

     Puasa merupakan kewajiban bagi setiap muslim karena merupakan rukun islam yang ke-4. Biasanya banyak orang yang bilang kalau puasa itu membuat tubuh lemah dan jadi tidak produkif padahal jika kita puasa dengan baik tidaklah demikian. Berikut adalah cara-cara agar tubuh tetap terasa bugar walupun sedang puasa.
1. Ketika sahur makan makanan yang mudah direrap oleh tubuh dan didak memerlukan waktu yang lama unduk diserap.
2. Lebih banyak makan buah dan sayur dan jangan telalu banyak makan makanan yang mengandung lemak karena lemak dapat menghambat proses penyerapan sari makanan dalam tubuh
3. Jangan tidur terlalu malam diatas jam 21.00 dan jangan tidur setelah kita saur atau sholat shubuh karena dapat membuat pusing dan malas melakukan aktifitas
4. Lakukan olah raga ringan atau hanya sekedar pemanasan agar tubuh tetap sehat, otot tetap terlatih dan bugar ketika beraktifitas
5. Beraktifitas lah seperti biasa dan kondisikan hati agar tetap tenang agar dalam bekerja bisa semangat

Demikian tips dari saya semoga bermanfaat.

Direct dan Indirect

          Cara mengubah kalimat Direct menjadi indirect
            
1. Present tense (direct) menjadi Past tense (indirect)
ex : present tense ( S + V e/es +O) => Rita said, " I do the home work today" menjadi
  past tense ( S + V2+ O ) => Rita    said that she did the homework that day

2. Past tense (direct) menjadi Past perfict (indirect)
ex : past tense ( S + V2+ O ) => Rita said, I did the home work." menjadi
past perfect (S + had + V3 + O) => Rita said that she had done the home work

3. Present perfect (direct) menjadi past perfect (indirect)
ex : Present perfect (S + have/has + V3 + O) => Rita said," I have done the home work".
menjadi Past perfect (S + had + V3 + O) => Rita said that she had done home work

4. [direct] Present continous ( S + tobe + Ving + O) => Rita said," im doing the homework".
menjadi [indiret] past contious (S + was/were + Ving + O) => Rita said that she was doing the homework.

5.[derect] Past contious (S + were + Ving + O) => Rita said," I was doing the homework".
menjadi [indirect] Past perfect continous (S + had been + Ving + O) => Rita said that she had been doing the homework.

6.[direct] Present perfect continous (S+ has/have +Ving +O) => Rita said," i have been doing the homework". menjadi
[indirect]  past perfecf continous (S + had been + Ving + O) => Rita said that she had been doing the homework.

7. [derect] Present modal (S + modal present +V1+O) => Rita said," I can/will/must/may/shall do the homework". menjadi
[indirect] past modal ( S + modal past+ V1+O) => Rita said that she could/would/had to/might/should do the homework

Sekian penjelasan dari saya semoga bermanfaat

Discussion text

            Pengertian Discussion text, Generic structure, dan Spesific features
What is discussion ?
=>Discussion is a process of seeking the interseetion bitween two thoughs, ideal or diferrent opinions of one issue
Disscussion text ?
=>Discussion text is text that explain the discurse presenting at least two argument bitween agreement [pro] and dis agreement [contra]
Social funcion
=>Discussion text has social function to present at least two point of view about an issue
     Generic Structure
1. Issue =>part us the text the writer introduces the issue in one or more than one statement contraversi.
2. Argiment for => The are two part of argument the are argument for and againts the issue. Argument for/ agree argument/ positif (mendukung)
3. Argument againts => Means an dis agreement to the issue the statement of arguments contain two part.
    The point and the elaboration is the reason why some one agree or dis agree with something.
4. Conclusion (recomendation) => In the part of the text the writer conlude the issue and makes a recomendation pased on the issue
    Spesific features
- urutan logis
- present tense
- focuse about non human

Mempertimbangakan Jurusan Kuliah

Assalamu'alaikum warrohmatullohi wabarrokatuh. Alhamdulillah ini adalah post pertama saya.
    
 Pentingnya mempertimbangakan jurusan saat kuliah.
 
     saya adalah siswa sma yang lulus tahun ini yang sedang bingung menentukan masa depan mau lanjut dimana. Mungkin kita waktu masih SD dulu ketika ditanya cita-citanya mau jadi apa pasti jawabnya mudah bisa langsung njawab yang sering sih jadi pilot,dokter,polisi,guru,tentara,dll. Namun ketika sudah SMP mulai berfikir mau jadi apa kalau ditanya cita-citanya apa, mungkin ketika masih kelas 7 atau 8 saya belum terlalu mikirin masa depan tapi ketika sudah kelas 9 sudah mikir nanti mau jadi apa. Tak terasa sudah lulus dari SMP dengan nilai yang lumayan baik, tapi bingung mikirnya nanti setelah lulus mau lanjut apa SMK biar nanti lulus terus bisa langsung kerja atau SMA. dulu saya mau lanjut ke SMK favorit di wilayah saya tapi jaraknya jauh dan biayanya juga mahal jadi saya tidak jadi. Kemudian saya daftar ke SMA dafarnya apa ngurus sendiri bareng  dua teman se desa. Akhirnya saya di terima di SMA dan kedua temen saya lolos. Ketika kelas 10 belum penjurusan, ketika penjurusan banyak yang ingin ke masuk jurusan IPA dan saya pun masuk IPA tapi anak yang masuk ipa kadang menyesal dan ingin masuk IPS.
       Aku kemudian menjalani hari hari sebangai anak IPA lalu naik kelas 12 anaknya masih sama kaya di kelas 11. Waktu di kelas 12 berjalan terasa sangat singkat baru masuk tapi tau-tau mau UN. Namun sebelum UN ada seleksi masuk PTN lewat jalur SNMPTN melalui nilai raport. Ketika SNMPTN aku tiadak terlalu berharap akan lolos lewat jalur ini karena sekolah saya biasanya sedikit yang diterima saat itu saya memilih Teknik Geodesi UNDIP,Teknik Kimia UNNES dan Kimia UNNES. Setelah itu pelaksanaan UN, sebulan kemudian pengumuman UN dan hasilnya lumayan tapi kurang puas. Tiga hari kemudian pengumuman SNMPTN sebelum aku buka pengumuman saya tanya dulu sama temen-temen ternyata kelas saya lumayan banyak yang ketrima jadi saya optimis ketrima namun gagal saya merasa sedih dan sangat lemas. Hari-hari berlalu kemudian saya ikut SPAN-PTKIN dan PMDK-PN. Pas pengumuman SPAN saya lolos di pilihan kedua di pendidikan agama islam di UIN Walisongo, terus menunggu hasil PMDK karena di PMDK jurusan yang saya inginkan namun nasib berkata lain saya tidak di terima. Akhirnya saya bingung ini yang UIN di ambil atau tidak soalnya jauh, tidak ada temen terus ini bukan passion saya, saya tiap hari selalu kepikiran sempet mau diambil tapi berangkatnya ngak bisa jadi tidak jadi di ambil.
       Kemudian saya ikut SBMPTN pada saat pendaftaran saya memilih Teknik Kimia UNDIP, Peternakan UNDIP, dan Peternakan UNDIP dan akhirny saya di terima di Peternakan UNDIP. Disini ini saya merasa sangat menyesal saya kan inginnya jurusan Teknik tapi saya malah milih peternakan di pil 2&3 seharusnya pilih yang sesuai minat dan bakat. Dulu saya milih peternakan karena ada teman di situ jadi ikut daftar disitu. Namun ternyata orang tua saya juga tidak terlalu suka dengan jurusan ini karena nanti kerjanya mau jadi apa, tapi kemudian orang tua saya pergi ke rumah orang yang lulusan peternakan dan orang itu udah lulayan baik kehidupannya jadi orang tua saya membolehkan.
      Intinya pada saat pemilihan jurusan kamu harus perhatikan hal hal berikut :
1. Pastikan jurusan yang kamu ambil itu jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat mu jangan hanya memiilih karena Universitasnya. Jangan seperti saya yang memilih ingin di UNDIP sehingga memilih jurusan yang tidak disukai, padahal jika saya memilih jurusan itu di univ sebelah kemungkinan besar saya lolos. Saya baru menyesal setelah pengumuman.
2. Jangan terpengaruh karena ada temen di jurusan itu dan kuliah di situ sehingga kamu ingin disitu, padahal mungkin temen kamu mulih disitu karena memang di situlah passionnya.
3. Sebelum memilih bicara dulu sama orang tua minta saran dan masukan. Jangan seperti saya yang asal milih tanpa minta saran dari orang tua sehingga pas pengumuman di terima sayanya kurang sreg orang tua pun tidak sreg. Sebebarnya orang tua saya mau saya jadi guru tapi saya malah tidak pilih.
4. Jangan terlualu idealis saya harus di terima di prodi ini PTN ini nanti menyesal. Karena tingkat kesulitan masuknya beda-beda misal kamu ingin jurusan A di PTN X tapi peluang masuk jurusan A lebih besar di PTN Y lebih baik kamu pilih jurusan A di PTN Y.
      Okeh itu tips dari saya semoga bermanfaat, saya hanya tidak ingin kalian menyesal seperti saya gara gara kurang strategi ketika milih jurusan.
Wassalamu'alaikum warroh matullohi wabarrokatuh